Download from PlayStore
  • Butuhkan bantuan? Hubungi kami
  • 9 Merek Mobil Paling Gencar Beriklan di TV, Mana Favorit Anda?

    Berita Otomotif

    9 Merek Mobil Paling Gencar Beriklan di TV, Mana Favorit Anda?

    JAKARTA – Sepanjang Januari – Oktober 2019, ada sembilan merek mobil yang paling royal beriklan di televisi. Dua mereka China yang merupakan pemain baru di pasar otomotif Indonesia termasuk di dalamnya.

    Seperti diberitakan sebelumnya, Mitsubishi Xpander merupakan merek yang paling jor-joran beriklan di televisi selama 10 bulan 2019 dengan pengeluaran Rp 113 miliar, menurut riset PT. Sigi Kaca Pariwara (SKP). All-New Nissan Livina menempati peringkat kedua dengan Rp 105 milar.

    Data statistik ini sendiri diperoleh Adstensity, produk monitoring iklan televisi milik SKP, berdasarkan rekaman semua iklan televisi di 13 stasiun tv nasional yakni RCTI, SCTV, Indosiar, MNC TV, TransTV, Trans7, Global TV, MetroTV, TVOne, ANTV, Kompas TV, Net TV, dan TVRI. Adstensity mencatat volume iklan dan harga iklan sesuai dengan data yang dipublikasikan (publish rate), sehingga nilai yang tercatat adalah nilai bruto.

    “Data ini tidak memberikan informasi apabila ada diskon atau potongan harga atau deal-deal lain dalam praktik bisnis antara pemasang iklan dan stasiun TV yang bersangkutan di luar dari Rate Iklan yang telah ditetapkan,” tulis SKP dalam keterangan resmi yang disebarluaskan pada akhir pekan lalu.

    Dalam berita pertama, Mobil123.com baru memberitahukan peringkat lima besar. Tiga lainnya adalah Wuling (untuk model Almaz, pengeluaran iklan Rp 73,84 miliar), Daihatsu (Xenia, Rp 61,27 miliar), dan Suzuki (Ertiga, Rp 39,59 miliar).

    SKP sendiri memberitahukan 10 besar pengiklan TV terbanyak dari sektor roda empat. Namun, secara merek, jumlahnya ada sembilan karena Toyota mengisi rangking delapan serta 10.

    Peringkat keenam, tepat di bawah Suzuki, ada Isuzu dengan pengeluaran Rp 33,99 miliar. Hanya saja, tidak disebutkan dana sebesar itu digelontorkan untuk model apa saja.

    Honda dan Toyota menempati peringkat kedelapan dengan pengeluaran masing-masing Rp 23,02 miliar serta Rp 22,54 miliar. Dua penghuni terakhir ialah Dongfeng Sokon (DFSK) dengan Rp 17,37 miliar dan Toyota dengan Rp 17,30 miliar. Tidak disebutkan model-model apa saja yang Toyota iklankan dengan dana tersebut. [Xan/Ari]



    Insan Akbar Krisnamusi

    Insan Akbar Krisnamusi

    Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


    Berita Utama


    Komentar

    两个人免费视频-两个人的视频全免费