Download from PlayStore
  • Butuhkan bantuan? Hubungi kami
  • Didampingi Ahok, Jokowi Instruksikan Percepatan Program Biodiesel

    Berita Otomotif

    Didampingi Ahok, Jokowi Instruksikan Percepatan Program Biodiesel

    JAKARTA – Presiden Joko Widodo, yang turut didampingi Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, menginstruksikan percepatan program biodiesel hingga menjadi B50 (campuran 50 persen minyak kelapa sawit dengan solar) selang dua tahun dari sekarang.

    Indonesia pada tahun lalu memulai program biodiesel dengan B20. Implementasi B30 kemudian dimulai pada Desember 2019, lebih cepat dari target awal yakni 2020.

    “Bagi saya tidak cukup hanya sampai ke B30. Tadi saya sudah perintah lagi pada Menteri dan Dirut Pertamina untuk masuk nanti tahun depan ke B40 dan awal 2021 juga masuk ke B50,” ucap Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo dalam Peresmian Implementasi B30 di SPBU Pertamina MT. Haryono, Jakarta pada Senin (23/12/2019), seperti dikutip dari laman daring Sekretariat Kabinet.

    Ia menjelaskan percepatan tersebut mesti dilakukan demi mencari sumber-sumber energi baru dan terbarukan, untuk kemudian melepaskan diri dari ketergantungan pada energi fosil yang suatu saat bakal habis. Program biodiesel dapat pula melepaskan ketergantungan impor BBM yang selama ini cukup tinggi, termasuk solar.

    Penghematan devisa pun terjadi. Berkat program B30 saja, potensi penghematan devisa negara menurutnya bisa mencapai Rp 63 triliun.

    Alasan terakhir terkait dengan posisi Indonesia sebagai negara penghasil sawit terbesar di dunia. Program biodiesel menciptakan permintaan domestik terhadap komoditas ini semakin tinggi dan menimbulkan efek bola salju terhadap 16,5 juta petani perkebunan kelapa sawit. Terlebih saat ini negara-negara lain sedang melancarkan kampanye negatif terhadap ekspor sawit.

    “Ini artinya program B30 akan berdampak pada para pekebun kecil maupun menengah, petani rakyat yang selama ini memproduksi sawit, serta para pekerja yang bekerja di pabrik-pabrik kelapa sawit,” tegas Jokowi.

    Tak Berhenti di B50
    Jokowi menyampaikan program biodiesel tak setop di B50. Ia ingin kelak Indonesia bisa sampai ke B100.

    Kepala Negara mengingatkan 2 (dua) kunci keberhasilan implementasi program B30 maupun nantinya menuju ke B100. Apakah kita mau keluar dari rezim impor atau tidak.

    “Jangan-jangan masih ada di antara kita yang masih suka impor, impor BBM, karena itu permintaan terhadap B30 dan menuju ke B100 yang harus terus dikembangkan dan diperbesar,” tuturnya. [Xan/Ari]



    Insan Akbar Krisnamusi

    Insan Akbar Krisnamusi

    Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


    Berita Utama


    Komentar

    Chat Aktif
    Diarsipkan
    Bantuan

    Kami akan membantu Anda

    klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
    Hapuskan chat?
    Chat Empty
    Tidak ada chat yang sedang berlangsung
    Mulai pencarian dan chat dengan penjual
    Bantuan

    Kami akan membantu Anda

    klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
    Support
    国产精品香蕉视频在线-香蕉视频无限次观看-骚视频