Download from PlayStore
  • Butuhkan bantuan? Hubungi kami
  • Ini Pendobrak di Segmen Midsize MPV

    Berita Otomotif

    Ini Pendobrak di Segmen Midsize MPV

    JAKARTA – Low multi purpose vehicle (LMPV) merupakan segmen paling seksi dan terbesar di Indonesia. Hampir semua produsen besar bermain sehingga membuat kompetisi sangat sengit. Selain itu, ada lagi segmen favorit bernama medium atau midsize MPV.

    Pertarungan di kelas LMPV, yang bertahun-tahun telah dikuasai oleh pabrikan Jepang, semakin membara sejak Wuling Motors memecut ‘kuda hitamnya’ yaitu Confero untuk masuk dalam pertarungan sejak 2017. Tentu saja dengan liga yang semakin ketat, para konsumen semakin diuntungkan.

    Di kelas lebih atas, midsize MPV, tarik-tarikan otot tidak kalah kencangnya. Ada Toyota Innova dengan ladder frame dan menjadi pemain paling senior sekaligus termapan. Tapi, Wuling Cortez muncul dan menjadi satu-satunya model di segmen midsize MPV dengan mesin bensin turbo bikinan Honeywell, melalui varian Cortez CT yang muncul belakangan.

    Kemunculan Cortez CT sendiri terjadi pada 2019, menyusul Cortez 1.8 dan 1.5 yang bergantian hadir sejak awal 2018. Cortez CT seperti memberikan nuansa baru dalam persaingan medium MPV di Indonesia. Pabrikan asal China ini kembali memainkan strategi mendobrak pasar dengan harga kompetitif tapi berlimpah fitur yang umumnya disebut ‘value for money’.

    Dengan mesin lebih kecil dibandingkan para pesaingnya plus turbocharger bisa dibilang akan lebih efisien konsumsi BBM dan tetap bertenaga. Jantung mekanis 1.5-liter turbo menghasilkan daya 140 HP serta torsi 250 Nm.

    Menurut Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia, lumbung performa Cortez Turbo sama dengan Almaz.

    “Powertrain Cortez Turbo dikembangkan dari powertrain dari Almaz, agar sesuai dengan kebutuhan sebagai mobil MPV,” tutur Danang.

    Bicara fitur-fitur, sebagai perbandingan, Kijang Innova menyodorkan layar-sentuh 8 inci dengan konektivitas smartphone, monitor untuk penumpang baris kedua, maupun steering-switch control. Ada lagi Dual SRS Airbag, Smart Entry Key, plus ABS dan EBD, maupun Vehicle Stability Control dan Hill Start Control.

    Cortez CT hadir dengan fitur-fitur lebih mentereng  dengan Tyre Pressure Monitoring System, layar-sentuh 8 inch, ABS+EBD, ISOFIX. Pada Cortez CT, ada lagi tambahan semisal transmisi otomatis CVT, sistem navigasi yang terintegrasi, rem parkir elektrik dengan Auto Hold, Hill Hold Control, Traction Control System, Electronic Stability Control.

    Cortez kembali menyentil dari sisi harga. Ketika harga sang legenda Innova berangkat dari Rp 312.050.000,00 sampai Rp 466.600.000,00, sementara varian tertinggi Cortez, yakni Cortez CT dengan rentang harga Rp236.500.000 hingga Rp288.000.000,00. [Xan/Idr]



    Insan Akbar Krisnamusi

    Insan Akbar Krisnamusi

    Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


    Berita Utama


    Komentar

    两个人免费视频-两个人的视频全免费