Download from PlayStore
  • Butuhkan bantuan? Hubungi kami
  • Isuzu akan Kembali Ekspor Mobil Rakitan Indonesia, Tapi Kali Ini Bukan Panther

    Berita Otomotif

    Isuzu akan Kembali Ekspor Mobil Rakitan Indonesia, Tapi Kali Ini Bukan Panther

    JAKARTA – Isuzu akan memulai lagi ekspor dari Indonesia pada akhir tahun ini. Hanya saja, modelnya bukan kendaraan penumpang legendaris Panther seperti yang pernah mereka lakukan dahulu.

    Berdasarkan data internal perusahaan yang diberikan kepada Mobil123.com, Isuzu pernah mengekspor Panther dari Tanah Air pada 2007. Akan tetapi, aktivitas tersebut hanya bertahan beberapa tahun sebelum akhirnya berhenti.

    Sejak saat itu, Isuzu hanya memproduksi mobil-mobil mereka di pabrik PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Karawang, Jawa Barat maupun PT. Gaya Motor di Sunter, Jakarta untuk pasar domestik. Akan tetapi, pabrik Karawang akan segera mulai menyuplai lagi produk untuk pasar global.

    Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran IAMI, menjelaskan pihaknya akan mengekspor mobil komersial Traga, pikap medium yang baru saja mengaspal di Nusantara pada April tahun lalu, pada penghujung 2019. Sayang, kuota ekspor masih ia tutup rapat-rapat.

    Rahmat hanya menjelaskan ekspor Traga akan menyasar negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Soal detail negaranya lagi-lagi masih menjadi rahasia.

    “Jadi Isuzu di Indonesia tak hanya memproduksi mobil untuk di dalam negeri. Segera kami akan memproduksi mobil untuk ekspor ke beberapa negara. Sebenarnya yang penting bukan hanya soal ekspornya tapi kualitas. Artinya, kualitas produk yang dihasilkan Isuzu di ina adalah kualitas global. Bukan kualitas domestik saja,” papar Rahmat dalam Workshop Industri Group Astra pada Senin (18/11/2019) di Menara Astra, Jakarta.

    Sebelumnya, di sela-sela test drive Isuzu Mu-X di Sukabumi, Jawa Barat pada pekan lalu, Puti Annisa Moeloek selaku Marketing Communication Department Head IAMI mengatakan bahwa seremoni ekspor akan berlangsung pada Desember mendatang. Traga sendiri merupakan hasil rakitan pabrik Karawang seperti juga semua model kendaraan komersial Isuzu lainnya yaitu Elf plus Gifa.

    “Kapasitas produksi (terpasang) di Karawang adalah 50 ribu unit per tahun. Tapi belum terpakai semua,” tandasnya.

    Di samping mobil komersial, Isuzu juga menjual beberapa kendaraan penumpang. Ada sport utility vehicle (SUV) Mu-X, double cabin D-Max, serta Panther.

    Panther sendiri dirakit secara lokal di Sunter. Sementara dua model mobil penumpang lain diimpor utuh dari Thailand. [Xan/Ari]



    Insan Akbar Krisnamusi

    Insan Akbar Krisnamusi

    Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


    Berita Utama


    Komentar

    两个人免费视频-两个人的视频全免费