Download from PlayStore
  • Butuhkan bantuan? Hubungi kami
  • Tol Layang Jakarta-Cikampek Bergelombang, Pengelola Angkat Bicara

    Berita Otomotif

    Tol Layang Jakarta-Cikampek Bergelombang, Pengelola Angkat Bicara

    JAKARTA – Meski mendapat kritikan terkait kondisi yang kurang mulus dan terlihat bergelombang, Badan Pelenggara Jalan Tol (BPJT) menegaskan bahwa jalan tol layang Jakarta – Cikampek telah sesuai standard kelayakan.

    Danang Parikesit, Kepala BPJT Kementerian PUPR menjelaskan bahwa jalan tol tersebut dirancang agar dapat melintasi  beberapa bangunan perlintasan eksisting berupa Overpass, Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dan Simpang Susun pada Jalan Tol Jakarta - Cikampek eksisting. Sehingga pada konstruksinya telah dilakukan penyesuaian berupa peninggian elevasi struktur elevated dengan tetap memperhatikan kualitas pemenuhan ketentuan dan persyaratan teknis yang berlaku.

    Ia juga menambahkan bahwa dengan memperhatikan desain kecepatan rencana (design speed) jalan tol Jalan Tol Jakarta- Cikampek II (Elevated) adalah 80 km/jam, maka desain alinyemen vertikal untuk peninggian elevasi struktur elevated dimaksud memiliki kelandaian vertikal maksimal 3%. Sehingga telah memenuhi ketentuan persyaratan kelandaian vertikal maksimum 4% untuk desain kecepatan 80 km/jam tersebut, termasuk pemenuhan ketentuan jarak pandang henti kendaraan yaitu minimum 110 meter.

    Disamping itu, terkait aspek struktur, konstruksi Jalan Tol Jakarta - Cikampek II (Elevated) telah dilakukan pengujian beban (loading test) serta desain yang telah mendapatkan persetujuan dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan.

    Disamping itu, jalan tol layang ini telah dilengkapi oleh fitur keselamatan berupa emergency U-turn di 8 titik lokasi dan 113 buah CCTV pemantau secara langsung. Tol Layang Jakarta-Cikampek juga akan dilengkapi dengan fitur keselamatan lainnya seperti Emergency Exit Ramp di 2 lokasi hingga Emergency Parking Bay di 4 titik lokasi yang akan ditentukan.

    "Jalan Tol Jakarta - Cikampek II (Elevated) juga dilengkapi dengan fitur Single Call Center yaitu di nomor telfon 14080. Single Call Center ini juga telah diterapkan di seluruh jalan tol di Indonesia, hal ini dilakukan guna memberikan pertolongan utama pada pengendara dan informasi seputar jalan tol yang dilintasi," pungkas Danang. [Adi/Ari]

     



    Adi Hidayat

    Adi Hidayat

    Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


    Berita Utama


    Komentar

    两个人免费视频-两个人的视频全免费